Kali Pertama, 28 Siswa SDN 4 Darsono Dilepas

Wisuda mungkin sudah menjadi agenda tahunan yang selalu diadakan oleh sekolah-sekolah dimanapun itu  saat merayakan kelulusan anak didiknya dari sekolah tersebut, namun hal ini berbeda dengan SDN 04 Darsono. Sekolah Dasar yang dirintis sejak 2009 ini baru saja mengadakan prosesi wisuda dan pelepasan siswa siswinya yang pertama sejak berdiri 6 tahun yang lalu. Acara ini diadakan dengan begitu sederhana dan sangat menjunjung tinggi adat dan tradisi masyarakat. Betapa tidak? Acara ini berlangsung di bawah tenda yang disangga oleh bambu seadanya dan beratapkan penutup plastik. Kursi tamu dan peserta pun seadanya yakni dengan menggunakan bangku-bangku kelas. permukaan tanah yang tidak rata, membuat posisi duduk dari para tamu terasa kurang nyaman.

Acara wisuda ini diawali dengan pembacaan do’a dan istighosah dari kepala sekolah bersama para anggota komite sekolah. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara pembukaan Lepas Pisah dan Pentas Seni Lulusan Pertama SDN Darsono 4 berupa pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan dari bapak kepala sekolah dan juga bapak pengawas dari UPTD Pendidikan Jember mewakili ibu Kepala UPTD yang tidak dapat hadir pada saat itu.

Memang bukan perjuangan yang mudah untuk dapat mengantarkan para peserta didik SDN Darsono 4 hingga sampai pada jenjang kelulusan seperti ini. Walaupun acara yang dilaksanakan saat itu terkesan sangat seadanya dan bahkan terkesan tidak mewah bagi SD-SD lain di daerah kota, tapi nilai-nilai yang dapat diambil dari acara seperti ini sangat besar disini. Antusiasme masyarakat Darsono terhadap acara ini sangat besar, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya warga yang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan prosesi wisuda dari anak-anak mereka pada saat itu. Adik-adik darsono juga dengan ikhlas membawa makanan yang digunakan sebagai konsumsi para undangan. Apresiasi yang sangat tinggi disampaikan kepada Kepala Sekolah Dasar Negeri Darsono 4 yang dengan gigih mampu memperjuangkan cita-citanya untuk membangun masyarakat Darsono untuk lebih maju dan berkembang serta tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya. Saat acara wisuda berlangsung dengan diiringi lagu “Terima Kasih Guruku” air mata bapak Ari (Kepala SDN Darsono 4) dan ibu Ari tidak dapat terbendung lagi. Rasa bangga mereka begitu besar, perjuangan yang telah dilakukan sampai saat ini menghasilkan buah manis yang teramat, tidak hanya dapat lulus tapi para siswa kelas 6 yang diwisuda hari ini seluruhnya akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Usai acara wisuda, acara selanjutnya dilanjutkan dengan acara hiburan yang menampilkan kreatifitas adik-adik Darsono seperti menari saman dan mengiringi nyanyian, qosidahan, serta paduan suara tak ketinggalan pula para bapak guru yang menyanyikan beberapa lagu berbahasa madura.

Dari acara ini kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga yakni bagaimana pun acara yang kita laksanakan apabila acara tersebut bermanfaat bagi orang lain maka acara tersebut akan selalu menjadi acara yang besar, serta segala sesuatu yang kita kerjakan dan usahakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas maka akan menghasilkan buah yang manis pula. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk berhenti di tengah jalan hanya karena putus asa menanti manisnya kesabaran dan ketawakkalan. (fit)


Kamis, 19 Juni 2014
Oleh : Hidayatul Fitriya
SP III SD Negeri 04 Darsono 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13