Pengalaman Mengajar Kami

Calon sobat pengajar V (kelompok 1)
Ternyata mengajar bukan perkara yang mudah, apalagi jika dihadapkan pada anak-anak SD kelas 1 dan 2 yang masih kecil-kecil, masih suka bermain, sering ngambek, dan sulit ditebak apa maunya. Tetapi bukan berarti menyurutkan niat kami untuk ikut andil dalam perubahan bangsa, meski dengan cara yang sederhana. Bukan, bukan mengajar sungguhan yang sudah profesional. Kami hanyalah sekumpulan mahasiswa yang sedang mengikuti program teaching test untuk ikut dalam sebuah komunitas mengajar yang disebut UNEJ Mengajar. Kami bahkan belum resmi menjadi sobat pengjar yang terjun langsung ke sekolah-sekolah dasar untuk memberikan sedikit ilmu, motivasi dan membantu mewujudkan harapan para sobat-sobat cilik di sana. Meskipun begitu, kami tetap berusaha melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan untuk kemajuan pendidikan di negeri ini.
Pertama kali kami datang di SD itu kami langsung disambut oleh para siswa yang sedang berkerumul di lapangan, sebagian bahkan ada yang mencium tangan kami layaknya kami adalah guru mereka. Terharu, belum pernah rasanya diperlakukan seperti itu. Oh iya SD tempat kami melaksanakan teaching test adalah SDN 3 Mrawan, lokasinya memang cukup jauh dari kampus bahkan kami yang tak tahu jalan pun awalnya sempat hampir kesasar. Tapi untungnya kami dapat tiba disana dengan selamat, kondisi sekolahnya sudah cukup lumayan hanya saja memang sedikit agak terpencil, tapi antusias belajar siswanya kami rasa cukup tinggi. 
Kami dibagi menjadi empat kelompok dan kebetulan kelompok kami kebagian mengajar kelas 1 dan 2 yang notabene masih moody dalam menerima pelajaran, jika mereka senang maka mereka akan semangat belajar dan jika mereka bosan mereka hanya akan diam dan tidak dapat menikmati pembelajaran. Seperti pada kasus kami kali ini, awal-awal pembelajaran lumayan berjalan dengan baik semua merasa enjoy dan menikmati pembelajaran, namun selang beberapa waktu keadaan mulai  kurang kondusif banyak yang rame, jalan-jalan, izin keluar, dan lain-lain. Setelah itu kami mengadakan ice breaking supaya mereka kembali semangat, untuk beberapa waktu nampaknya berhasil. Namun keadaan kembali kurang kondusif, ada yang bermalas-malasan, ada yang menikmati, ada juga yang hiperaktif. 
Materi yang kami sampaikan adalah pengelompokan hewan dan hubungannya dengan proses makan dan dimakan dalam kehidupan sehari-hari. Kami berusaha mengemasnya semenarik mungkin sebab anak-anak cenderung cepat merasa bosan. Beberapa kali kami mengadakan games dan antusiasme para peserta didik lumayan besar, bahkan mereka maju semua ke depan untuk berebut menjawab soal. Kami pun memeberikan reward kepada anak-anak yang telah berhasil menjawab ataupun yang telah berani maju, hadiahnya tak besar hanya berupa satu buah permen. Rona kebahagiaan pun terpancar dari raut wajah mereka. 
Ada juga satu anak laki-laki yang cukup aktif, setiap ditanya siapa yang bisa dan mau menjawab ia selalu mengangkat tangannya, alhasil dialah yang paling banyak dapat permen dibanding teman-temannya yang lain, sayangnya saya lupa siapa namanya. Ada juga pada bangku deretan sebelah utara yang sepertinya masih kelas 1, mereka cenderung pasif dan kurang respon saat kami memberikan pengajaran. Tetapi saat bermain games alhamdulillah sepertinya mereka cukup responsif. Di sana kami belajar bersama mengenal binatang, bermain, bernyanyi, dan seru-seruan bersama. 
Menyenangkan sekali melihat mereka tersenyum dan ceria. Meski tak banyak yang bisa kami berikan semoga yang sedikit ini justru dapat berkesan, semoga mimpi dan harapan anak-anak disana dapat menjadi kenyataan dan kelak mereka akan menjadi orang-orang yang sukses yang bisa membangun negeri ini menjadi lebih baik. Amiin :) 
 Kegiatan belajar pun kami akhiri dengan do’a dan ucapan terimakasih kepada adik-adik yang telah mau memperhatikan kami mengajar. Mungkin masih banyak sekali kekurangan yang kami lakukan dalam penyampaiannya, sebab kami masih dalam proses belajar, tetapi meskipun begitu kami bangga setidaknya kami telah berusaha yang terbaik. kami juga sangat senang bertemu calon-calon penerus bangsa yang sangat antusias belajar, apalagi saya yang senang sekali karena ini termasuk pengalaman baru bagi saya, meski awalnya sempat gemetar dan nerveous tapi saya berusaha menikmati pembelajaran di kelas. 
Mengajar langsung dan bertemu langsung dengan sobat kecil penuh mimpi menjadikan saya terinspirasi untuk terus belajar dan membawa perubahan untuk bangsa ini, meskipun tidak dalam wujud yang besar tapi paling tidak kami telah memulai dengan sedikit lagkah kecil. Begitu pula dengan menulis, saya masih sangat pemula dan banyak sekali kekurangan tapi saya akan berusaha lebih baik lagi seiring berjalannya waktu. Sebab niat yang baik inshaALLAH akan berakhir dengan kebaikan pula. Semoga cerita ini dapat menginspirasi. Salam calon sobat pengajar V, semangat!! semoga diterima di UNEJ mengajar.. amiin :)
 ***

Ditulis oleh Reny Irfiana (calon SP5)
sumber :   http://renyirfiana.blogspot.co.id/2016/03/pengalaman-mengajar-kami.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13