Belajar di Tanoker



Untuk yang kedua kalinya kami menjadi tutor minggu ceria di Tanoker. Untuk di minggu kedua ini kami ujar berkolaborasi dengan BEM PSSI yang bertema internet sehat.
Sekitar jam delapan kami sampai di Tanoker. Tidak lama setelah kami sampai, adik-adik, anak BEM PSSI serta kami senam sajojo. Setelahnya, kami berkenalan dengan adik-adik yang baru bergabung di minggu ceria ini. Kemudian guna mempersingkat waktu, kami membuat lingkaran besar yang diiringi dengan menjadi kereta api yang tidak boleh terputus sampai ke tempat yang dituju. 

Setelah sampai di tujuan yakni di tempat pengajaran yang terdapat viewer sehingga adik-adik dapat melihat arahan dari kakak-kakaknya, kami langsung mengatur posisi duduk adik-adik. Setelah kondisinya kondusif, anak BEM mulai membuka pengajaran serta memberi materi tentang microsoft word. Mereka menjelaskan seperti apa microsoft word itu dan kegunaannya. Setelah itu, adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok serta didampingi oleh satu atau dua orang kakak yang menjadi tutor mereka guna memberikan arahan kepada mereka. Sekitar delapan kelompok dengan sebuah laptop di setiap kelompok yang ada. Kebetulan saya menjadi si dokumentasi sehingga saya berkesempatan berkeliling guna melihat setiap kelompok melakukan sesi belajar dan mengajarnya.
Satu orang dari anak BEM PSSI menjadi pengarah di depan semua kelompok guna memberikan perintah dan menjelaskan apa yang harus adik-adik lakukan. Adik-adik mendapat pengetahuan baru mengenai cara menggunakan komputer, mulai dari cara menghidupkan komputer, mencari dan membuka microsoft word, mengetik biodata mereka, menyimpan ketikan mereka, menutup microsoft word, mencari dan membuka file word yang mereka simpan serta mematikan komputer.
Mereka diberi arahan bagaimana menghapus ketikan yang salah, memberikan spasi pada tulisan, mengetik dengan huruf kapital, mengetik di paragraf yang baru, mengetik kata yang huruf depannya huruf besar, mengubah ukuran tulisan, merubah tampilan huruf, serta meluruskan titik dua yang tidak lurus.
Berikut contoh format yang adik-adik minggu ceria Tanoker kerjakan


BIODATA
Nama                     : Nadia
Kelas                       : Dua (2)
Sekolah                   : SDN 1 Sumber salak
Alamat rumah        : Sumber salak

Yang dapat saya ceritakan dari pengamatan yang saya lakukan. Ada beberapa anak di Tanoker yang sudah mahir dalam menggunakan komputer karena dari beberapa diantaranya sudah mahir dalam mengetik, tidak begitu lama dan mencari-cari huruf yang akan diketik, dan menginginkan hal yang lain selain mengetik. Namun sebagian besar dari mereka masih banyak yang kebingungan mencari huruf yang mereka ketik. Ada pula hal yang lucu disaat akan mematikan laptop. Terdapat anak yang mau mematikan laptop langsung menekan tombol power seperti ketika menghidupkan laptop. Untung saja diamati oleh kakak-kakak tutornya.. J
            Sekitar pukul setengah sebelas saatnya materi ditutup dan adik-adik waktunya istirahat jam bebas. Di saat jam istirahat ini adik-adik di Tanoker bisa melakukan hal apapun yang mereka inginkan. Ada yang membaca buku, bermain puzzle, beli-beli makanan, main ayunan, dan tentunya banyak yang bermain egrang.
            Di sela-sela jam istirahat mereka, kami dari sobat pengajar membuat permainan guna melatih konsentrasi mereka. Pertamanya, adik-adik yang ada dan kami tentunya membuat lingkaran besar dan berhitung satu sampai enam. Dimana adik-adik dengan nomor yang sama menjadi kelompok lingkaran kecil dengan seorang kakak SP didalamnya. Seorang SP yaitu Afifatun menjadi pengarah. Ketika ia mengatakan satu/dua/tiga adik-adik berpose bak foto model, ketika afifatun mengatakan empat adik-adik harus bertepuk tangan dengan meriah, dan ketika mengatakan lima adik-adik harus menjadi patung dengan pose yang menarik mungkin. Karena akan ada 10 anak dengan pose heboh akan diberi hadiah yang telah disiapkan oleh mas Redi. 

Ditulis oleh SP5 Tanoker

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13