Potret SDN Bintoro 5



  SDN Bintoro 5. Potret satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang sangat perlu kita tengok. Dengan keterbatasan sumber daya manusia dan juga minimnya sarana-prasarana yang ada, Sekolah Dasar ini cukup hebat untuk tetap memberikan pelayanan bagi anak didiknya.

 17 April 2016 kemarin, saya bersama teman-teman Sobat Pengajar V kembali turut serta dalam proses pembelajaran SDN Bintoro 5. Seperti sebelumnya, kami berangkat bersama-sama setelah berkumpul terlebih dahulu di depan tulisan “Universitas Jember”. Awalnya kami sempat mengkhawatirkan medan karena guyuran hujan yang cukup lebat di daerah kota malam sebelumnya. Tapi alhamdulilllah, perjalanan lancar tanpa perlu memakan korban.
            

 Tidak ada yang berubah dari minggu pertama kami resmi mengabdi, pun dari saya teaching test di SDN Bintoro 5 ini. Masih dengan bangunan ala kadarnya, keterbatasan pengajar, juga antusiasme adik-adik untuk belajar bersama kami. Sebagian kecil dari mereka mungkin masih terlihat malu, tapi tidak sedikit juga diantara mereka yang berlari keluar kelas saat kegiatan sedang berlangsung, bersembunyi di dalam almari, atau sekedar duduk di pojokan kelas tidak mengikuti kegiatan. Kami rasa itu wajar untuk usia mereka, dengan label “pendatang baru” mereka akan berusaha mencari perhatian dan mengajak kami bermain, yang tentunya dengan cara mereka sendiri.

Kami mengawali pembelajaran pagi itu dengan menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini”. Mengulas ringan tentang beliau yang kemudian dikemas dalam bentuk puisi untuk kelas 3-4 dan biografi untuk kelas 5-6. Sedangkan kelas 1-2 lebih banyak belajar menulis huruf dan angka. 
  Puisi dan biografi itu sendiri akan dilombakan antar tingkatan untuk 18 April 2016, berhubungan dengan penyambutan Hari Kartini bersama kakak-kakak Jantung Teater Fakultas Hukum. Memang, Unej Mengajar saat ini memiliki program kerja yang mengharuskan mengundang UKM ke SD binaanya. Sehingga mau tidak mau, Ujar memiliki relasi yang cukup baik dengan UKM pada setiap fakultas.
  Hari itu adik-adik SDN Bintoro 5 lebih bersemangat. Mereka dengan ringan tangan memberikan janji kepada kami akan kehadirannya di hari Minggu. Bahkan saat kami wajibkan bagi mereka mengenakan baju olahraga, ada kebahagiaan tersendiri yang mereka pancarkan lewat sinar mata. Sungguh, saat dunia kemahasiswaan sudah mengekangmu, mungkin kamu hanya perlu mereka. Dengarkan celoteh dan larut serta dalam dunianya. Mereka adalah candu, yang dengannya mampu menyihir warna gelapmu menjadi sedikit terang atau bahkan sangat terang.
Terima kasih Unej Mengajar atas kepercayaannya. Terima kasih untuk kesempatan yang pastinya akan menjadi cerita hebat dikemudian hari. Ujar bersama kita bisa!!!

Ditulis oleh SP5 SD Bintoro 5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13