Bookreader Online: Bulan Bahasa dan Sastra

Bulan Bahasa dan Sastra

                                 

Tahukah kamu bahwa setiap bulan Oktober Indonesia merayakannya sebagai bulan bahasa dan sastra? Mengapa bulan Oktober, bukan bulan lainnya?

Sumber gambar: Kompasiana.com


1. Alasan Bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra

       Bulan Oktober dijadikan sebagai bulan bahasa dan sastra tidak lepas dari sejarah bangsa Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda sendiri diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Adapun isi ikrar dalam Sumpah Pemuda salah satunya adalah menetapkan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Hal ini yang melatarbelakangi bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra. 

Sumber Materi: edukasi.sindonews.com


  1. Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra

Bulan Bahasa dan Sastra secara rutin diselenggarakan oleh kemendikbud pada bulan Oktober sejak tahun 1980, sebagai salah satu bentuk memperingati hari Sumpah Pemuda, yang menyepakati bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Penyelenggaraan Bulan Bahasa dan Sastra dilaksanakan setiap bulan Oktober dengan puncak penyelenggarakan pada tanggal 28 Oktober. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, serta memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat dalam menangani bahasa dan sastra Indonesia. 

Sumber materi: kemdikbud.go.id


  1. Kegiatan pada Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra


      Peringatan Bulan dan Sastra dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebahasaan. Kegiatan tersebut antara lain; menulis cerpen, lomba pidato, lomba membaca puisi, dan kegiatan kebahasaan lainnya. Memeriahkan peringatan Bulan Bahasa dan Sastra termasuk salah satu cara untuk menjaga bahasa persatuan (Bahasa Indonesia).

Sumber materi: edukasi.sindonews.com

Sumber gambar: bali.tribunnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13