MINIVENT 3 WARNA

Komunikasi, hallo sobat UJAR…

Menurut kalian komunikasi itu apa sih? Jelas sudah pasti beragam ga sihh, karena setiap manusia punya pemaknaannya sendiri, dan tentunya akan ada penarikan pengertian secara umum. Jika kita lihat pengertian secara umum dan diperkuat oleh James A. F. Stoner, komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain. Nah, hubungannya apa tuh sama “Minivent 3 Warna” ? Mari kita simakkk…

            Definisi komunikasi ala UJAR dimulai dari segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia-manusia beranjak dewasa yang saling memiliki tekad untuk meningkatkan ilmu, relasi, dan pengalaman. UJAR ini tempatnya menggali ilmu, mencari teman baru, tempat healing dan menghibur, sekaligus tempat untuk menemani sang generasi penuntut ilmu. Mini Event 3 Warna berarti 3 acara UJAR yang tersembunyi, kecil, namun memiliki warna masing-masing dan penuh makna.

            UJAR sudah berjalan 11 tahun, tentunya juga telah beradaptasi dengan segala kegiatan dari tahun ke tahun. 3 acara mini sebagai bentuk adaptasi perkembangan zaman, di antaranya ada volunteer, mentoring sebaya, dan sharing session. Ketiganya memang tampak umum sekali bila dilihat berdasarkan realisasi yang ada di dunia luar. Tapi, di UJAR ke-3 acara tersebut sebagai acara yang bermakna sesuai pada porsinya. Volunteer, mentoring sebaya, dan sharing session merupakan acara yang tidak memerlukan persiapan kepanitiaan besar seperti acara UJAR yang lain, tapi pengaruh ketiganya bagi partisipan yang ikut sangat besar.

Menurut Manager Divisi HRD volunteer dilaksanakan untuk kesempatan orang di luar UJAR berprogres bersama dengan Sobat Pengajar, selain itu juga menjadi momen pengenalan UJAR. Kesempatan mengajar yang diberikan dengan menghadapi perjalanan yang berliku, adik-adik SD Binaan yang super duper beragam dan aktif, serta mengajar bersama orang yang mungkin baru saja dikenal. Hal tersebut menunjukan seberapa besar energi, perasaan, bahkan materi yang dikeluarkan tanpa adanya imbalan secara gamblang. Volunteer menjadi mini acara yang lumayan cukup lama bila dibandingkan dengan 2 warna acara mini selanjutnya.

Mentoring sebaya pada dasarnya hanya dikhususkan pada manusia yang suka dan tertarik dengan content creating dan editing. Mentoring sebaya bermula dan dikhususkan kepada divisi Creative, Informative, Technology (CIT) yang kemudian dilakukan dengan cakupan yang lebih luas yakni seluruh pengurus dan sobat pengajar. Kelihatannya memang dikhususkan, tapi pada nyatanya sebagai kegiatan yang membuat kami saling belajar. Kesempatan menjadi mentee dan mentor, belajar dengan tingkatan usia yang tidak terpaut jauh, mencari dan menyusuri ilmu yang harus kamu tahu di zaman yang serba modern. Tampaknya juga sangat umum dan banyak disebar di berbagai media, tapi faktanya pengalaman saling mengenal bersama dan bertukar tanggapan menjadi hal yang juga bernilai.

Warna acara mini yang ketiga adalah Sharing Session, acara UJAR yang terbaru. Kegiatannya seperti sharing session kebanyakan. Tapi pembahasannya yang membuat semua segan untuk beranjak, kembali pada kenangan yang berlalu, dan mencari untuk hal kedepan. Kalau kita ibaratkan bisa sebagai ajang deeptalk besar-besaran. Semua bersuara, tanpa malu dan ragu. Semua saling mengerti dan mengetahui. Semuanya itu demisioner, pengurus, dan sobat pengajar. Sama halnya kata Direktur UJAR 2023 sebagai pelaksana kegiatan ini, “Adanya sharing ini sebagai wadah buat silaturahmi biar lebih raket lagi antara SP, Pengurus, dan Demis”.

Semakin beragam yaa acara-acara UJAR. Keberagaman yang ada juga menimbulkan hal yang bermakna. Kesemuanya dibutuhkan komunikasi, komunikasi menjadi hal yang paling utama untuk melakukan dan menjadi manusia UJAR. Melalui komunikasi dapat menciptakan kebahagiaan, kenangan, kepedihan, perjuangan, pengorbanan, dan segala rasa. Komunikasi tidak sekadar pesan dan informasi yang timbul, namun ada makna yang kita dapatkan dan menjadi pengaruh dan dorongan kita dalam kehidupan kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13