FAQ


  1. Apakah Universitas Jember membawahi ujar secara struktural?
    Tidak, sampai saat ini ujar masih bersifat independen artinya jalur yang di ambil bersifat kultural melalui aksi nyata dan tidak struktural. Namun ke depannya, untuk menjaga sustainabliti dan regenerasinya UNEJ Mengajar akan di usahakan untuk menjadi bagian dari Universitas Jember di bawah lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM).
  2. Selama ini di mana sajakah tempat yang menjadi binaan ujar?
    Ada beberapa tempat yang selama menjadi binaan ujar, 1) SDN Darsono IV, Arjasa 2)MI Miftahul Ulum Sidomukti, Mayang, 3) SD Negeri Bintoro IV, Patrang, 4)komunitas belajar TANOKER, Ledokombo, 5) Komunitas Belajar Al Amin Wonojati, Jenggawah.
  3. Siapa saja yang boleh join bersama ujar?
    Siapa pun boleh gabung namun hanya pada sobat donator dan sobat mitra, untuk sobat pengajar dan sobat volunteer ada kriterianya, sobat pengajar tidak boleh merangkap menjadi sobat volunteer ataupun sebaliknya akan tetapi boleh bergabung menjadi sobat donatur juga.
  4. Apa perbedaan antara sobat pengajar dan sobat volunteer?salah satu program Unej Mengajar yaitu UJAR Mendidik, program ini akan di laksanakan oleh para sobat pengajar yaitu mengajar secara intensif dan istiqomah ke beberapa sekolah binaan UJAR dengan masa pengabdian selama 1 semester dan waktu ngajarnya akan di sesuaikan dengan waktu luang yang sudah di konfirmasi dari 30 pengajar yang sudah terseleksi minimal 2 kali ngajar dalam satu bulan. sedangkan Sobat Volunteer akan di optimalkan ke beberapa program unej mengajar yang lainnya, seperti penyuluhan, distribusi buku, UJAR Gethering, dan lain lain. namun bisa juga berperan sebagai pengajar ekstrakurikuler yang waktu pelaksanaanya akan di sesuaikan dengan agenda kegiatan Sobat Pengajar. Sobat Pengajar akan mendapatkan banyak hal yang tidak di dapatkan jika tidak menjadi Sobat Pengajar.
  5. Bagaimana cara berpartisipasi di unej mengajar?
    Anda dapat ikut serta di unej mengajar dengan memilih menjadi sobat pengajar, sobat volunteer, dan sobat donator. Sobat pengajar atau sobat volunteer boleh merangkap dengan sobat donator, namun sobat pengajar dan volunteer tidak boleh. Untuk sobat mitra hanya untuk lembaga atau perusahaan saja.
  6. Dimana base camp  unej mengajar?
    Belum memiliki base camp yang tetap, karena secara struktural UJAR masih belum ada ikatan resmi dari Universitas Jember namun ke depan ujar tetap diupayakan legalitasnya kita lebih mengepankan aksi nyata.
  7. Dari mana saja sumber dana yang selama ini ujar  pakai dalam mengadakan berbagai kegiatan?
    Dana yang di pakai tiap kegiatan selama ini bersumber dari pribadi sobat ujar yang selama ini ikut serta dan ada juga yang berasal dari donator seperti gerakan Rp.1000/bulan.
  8. Adakah hubungan antara unej mengajar dengan Indonesia mengajar yang di gagas oleh Anies Baswedan, Ph.D?
    Tidak ada, ujar di bentuk salah satunya terinspirasi dari Indonesia Mengajar.
  9. Apa yang di dapatkan jika menjadi Sobat Pengajar?
    Sobat Pengajar merupakan ujung tombak Unej Mengajar dalam melaksanakan program Ujar Mendidik yang di terjunkan di sekolah binaan selama masa pengabdian. tentu banyak hal yang diberikan selama terjun seperti pelatihan-pelatihan oleh pemateri yang ahli di bidangnya baik dari dan luar negeri, apresiasi dari rektorat dan Unej Mengajar, dan pengalaman lain yang tentu tidak didapatkan jika tidak menjadi sobat pengajar, tentu dukungan materi untuk proses pengabdian seperti biaya transport dan media pembelajaran akan dibantu oleh Unej Mengajar. Selain itu, dalam hal ini masih di perjuangkan bahwa Sobat Pengajar UJAR tidak usah melaksanakan program Kuliah Kerja Terpadu (KKT) karena kegiatannya hampir sama dengan KKT yang menjadi salah satu syarat untuk lulus S1.
  10. Saya tertarik dengan program-program yang dijalankan UNEJ Mengajar, Boleh tidak ya saya kerja sama?
    Tentu boleh, dengan senang hati UNEJ Mengajar akan menerimanya. Namun harus tetap mengikuti aturan dan etikanya kerja sama pada umumnya, seperti kerja sama yang sifatnya positif, ada komitmen dan saling menguntungkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13