Bookreader Online: Pola Hidup Sehat yang Sering Disepelekan

       Kalian pasti sudah biasa mendengar ini, sehingga kalian tidak tabu dengan anjuran “Pola Hidup Sehat” namun kenapa hal ini sering ditekankan, karena sifat dan tujuan penting serta urgensinya dalam kehidupan, apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini sangat mewajibkan kita berpola hidup sehat. Makan–makanan yang begizi, minum air putih yang cukup, rajin oleh raga dan bersih–bersih diri maupun lingkungan sekitar. Maka dari itu mari kita biasakan berpola hidup sehat, baik untuk diri sendiri, orang sekitar serta lingkungan.

Tahukah kalian ternyata kebiasaan ini sering kita lakukan dan dampaknya berbahaya bagi tubuh kita, kira-kira apa sajakah itu?

1. Menghindari sinar matahari pagi

    Sinar matahari pagi sebelum pukul 10.00 pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya ialah merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Sehingga dalam kurun waktu tersebut sebaiknya kita melakukan olah raga pagi di jam 07.00 atau berjemur selama 15 menit setidaknya tiga kali dalam seminggu. Hal ini akan membuat badan lebih bugar dan ideal, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan jantung, meningkatkan kecerdasan otak, dan tentunya membuat mood mu lebih baik serta manfaat lainnya.

2. Kurang minum air putih

  Manusia tak bisa lepas dari air, karena 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan,  karena kurang minum air putih dapat mengakibatkan dehidrasi, stress, diabetes, bau mulut, konstipasi, kulit kering. Air putih bermanfaat untuk memelihara fungsi ginjal, serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sehingga sebaiknya mengkonsumsi air putih sekitar delapan gelas berukuruan 230 ml per hari atau total 2 liter per hari.

3. Mengurangi menatap layar handphone atau laptop

    Dampak yang kita dapatkan dari sering menatap layar handphone atau laptop diantaranya gangguan mata seperti mata kering, mata merah atau penglihatan kabur, mengganggu siklus tidur, kesehatan mental, sakit kepala, leher dan punggung, serta dapat menyebabkan kanker otak hal ini karena terdapat gelombang radiofrekuensi yang berpotensi karsinogeik atau meningkatkan resiko kanker. Maka dari itu aturlah posisi dan kecerahan layar yang paling nyaman, tidak terlalu membuat leher menunduk, atur jarak pandang mata, alihkan pandangan tiap 20 menit sekali, serta konsumsi buah dan sayur.

4. Begadang

    Hati-hati berikut ini dampak dari keseringan begadang diantaranya memori otak menurun, sakit kepala, masalah pada kulit, mengganggu kesehatan mental, hipertensi, obesitas, diabetes, melemahkan sistem imun serta penurunan produksi hormon. Maka dari itu agar terhindar begadang saat malam hari, kurangi jam tidur siang, hindari bermain gadget sebelum tidur atau menonton tv terlalu larut, pola hidup sehat dan komitmen untuk hidup teratur.


Sumber Referensi:

https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih

https://www.idntimes.com/health/fitness/nena-zakiah-1/dampak-kesehatan-menatap-layar-gadget-terlalu-lama/7

https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-begadang-dan-dampak-buruknya-bagi-kesehatan


#BOOKREADERONLINE

#POLAHIDUPSEHAT

#KUYHIDUPBERSIHDANSEHAT

#KUYTAMBAHPENGETAHUAN

#UNEJMENGAJAR





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13