Bookreader Online: Tanaman Sekitar Rumah yang Memiliki Manfaat Sebagai Obat

   Sekitar rumah atau area pekarangan rumah pasti banyak ditemui berbagai macam tanaman. Baik itu tanaman hias yang sengaja ditanam ataupun rumput liar yang tumbuh subur di pekarangan rumah. Ternyata tanaman-tanaman yang sering ditemukan di pekarangan rumah memiliki potensi dan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Tahukah kalian ternyata tanaman yang ditemukan disekitar rumah dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat, kira-kira tanaman apa sajakah?

1. Pegagan (Centella Asiatica)

Sumber Gambar: http://plantamor.com

        Pegagan merupakan tumbuhan yang tumbuh menjalar. Daun tunggal bertangkai panjang sekitar 5-15 cm dan berbentuk ginjal denga tepi daun bergerigi. Kandungan zat kimia pada tumbuhan pegagan antara lain; asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, centellose, karatenoid, garam-garam mineral, vallarine. Adapun  khasiat pegagan dalam pengobatan antara lain; untuk pengobatan wasir, bisul, luka berdarah, dan darah tinggi. Bagian yang dimanfaatkan untuk pengobatan wasir adalah akar, untuk pengobatan bisul dan luka berdarah adalah  pegagan segar yang lansung dilumatakan kemudian ditempelkan  kebagian  luka atau bisul, untuk darah tinggi bagian yang digunakan adalah daun.

Sumber Materi: https://books.google.co.id/

2.  Andong (Cordyline fruticosa)

Sumber Gambar: https://karonari.com/

       Pohon dengan tinggi mencapi 5 meter dengan batang keras. Daun tunggal menempel pada batang terutama mengumpul di ujung batang, bentuk lanset, pangkal dan ujung runcing, tepi rata, pertulangan daun menyirip, berwarna hijau tua atau merah kecokelatan.  Bagian tanaman andong yang dapat dimanfaatkan  adalah daun. Kandungan zat kimia pada daun andong antara lain; saponin, steroida, dan polisakarida. Penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan tanaman andong antara lain; batuk darah, TBC, pendarahan, dan luka.

Sumber Materi: https://books.google.co.id/

3. Ajeran (Bidens Pilosa)

Sumber gambarhttps://www.tokopedia.com/

       Ajeran merupakan tanaman herba dengan tinggi 0,3-1m. Batang bersegi empat berwarna hijau dengan ujung batang terkadang berbulu kasar. Daun terbagi menjadi tiga dengan bentuk bulat telur pinggiran bergerigi. Bunga bertangkai panjang dengan tepi bunga berwarna putih dan bagian tengahnya berwarna kuning. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari tanaman ajeran adalah daun dan akar dengan kandungan zat kimia yang ada didalamnya adalah tannin. Tanaman ajeran dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit mata, gatal-gatal dan bisul.

Sumber: https://books.google.co.id/

4. Iler (Coleus Atropurpureus)

Sumber Gambar: https://pondokibu.com/

        Iler merupakan tanaman herba tegak dan merayap dengan tinggi 30-150cm, mempunyai penampang batang berbentuk segiempat dan termasuk kategori tumbuhan basah yang batangnya mudah patah. Daun berentuk hati  dan memiliki warna yang beraneka ragam. Bunga berbentuk untaian bersusun, muncul pada pucuk tangkai batang. Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah daun. Kandungan zat kimia dari tanaman iler antara lain; minyak asiri, karvakrol, eugenol. Penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan iler adalah ambien, diabetes melitus, demam, diare, bisul dan keputihan.

Sumber Materi: https://books.google.co.id/


#BOOKREADERONLINE

#TANAMANOBAT

#TUMBUHSEKITARRUMAH

#KUYTAMBAHPENGETAHUAN

#UNEJMENGAJAR



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13