Sambutan Direktur "UJAR"


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Indonesia, salam sejahtera untuk kita semua.

Peranan pelajar untuk membawa peradaban menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar tawar lagi. Peradaban yang diciptakan dari hasil olah, karya, cipta dunia akademis yang dinamis, menyebar di segala sisi kehidupan. Melalui UNEJ Mengajar (UJAR) kami mencoba menyajikan perpaduan tersebut dengan semangat mengabdi dan cinta tanah air Indonesia, lewat berbagai program yang tersaji dalam setiap kegiatan UNEJ Mengajar.
Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, kabupaten ini memiliki potensi yang sangat luar biasa baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya wisata alam yang megah, hasil pertanian yang unggul, dan banyaknya lembaga pendidikan yang berdiri baik nageri ataupun swasta. Namun, di balik keindahan alam yang sangat eksotik tersebut hati menjadi terhenyak ketika masih ditemukannya berbagai permasalahan pendidikan khususnya di berbagai pelosok di Jember. Seperti tingginya buta aksara, rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, belum meratanya perhatian pihak terkait terhadap dunia pendidikan, dan berbagai permasalah lain yang tidak akan selesai jika hanya diskusi, mengkritisi apalagi menyalahkan.
Unej Mengajar di gagas murni tidak ada niatan dan tidak ada kepentingan lain dibelakangnya kecuali untuk mengabdi, mengabdi, mengabdi, dan menjadi bagian dari solusi berbagai permasalahan bangsa ini khususnya di kabupaten Jember. Karena sejatinya ummat manusia dilahirkan ke muka bumi ini untuk mengabdi. Anak muda merupakan tumpuan masa depan bangsa, sehingga untuk melihat perubahan dan kemajuan suatu bangsa di masa depan cukuplah dengan melihat kondisi kehidupan dan semangat juang anak mudanya di masa kini, dan UNEJ Mengajar lahir untuk menjadi fasilitator, wadah, dan pencetak kader bangsa yang tangguh dalam melakukan perjuangan dan mempunyai rasa empathy yang tinggi terhadap permasalahan sosial di sekitarnya.
Dengan beraneka ragamnya permasalahan yang ditemukan, kami menyadari bahwa jika kita bercerai berai tidaklah mampu untuk menyelesaikannya, sehingga kami UNEJ Mengajar mengundang semua pihak khususnya semua stakeholder Universitas Jember dan masyarakat Jember yang masih mengaku cinta tanah air beta untuk terlibat dan aktif kontributif menyelesaikan setiap permasalahan ini dengan seksama dan  bergandengan tangan untuk membayar lunas janji-janji kemerdekaan yang sudah diperjuangkan sejak awal oleh para pendiri dan pejuang bangsa ini.
UNEJ Mengajar berkomitmen untuk menjalankan tugas-tugas pengabdiannya dengan prinsip Istiqomah, sabar dan ikhlas dengan mengkombinasikan wawasan yang mengglobal dengan pemahaman yang berakar rumput (world class competence and grassroot understanding). Sehingga UNEJ Mengajar benar-benar memposisikan dirinya untuk menjadi wadah dan fasilitator sang pengabdi untuk berbagi, menginspirasi dan menanam mimpi dan harapan untuk bangsa Indonesia.
Untuk UNEJ Mengajar, dalam perjalanannya ke depan, akan mencoba melakukan reposisi substansial, memperluas jaringan baik dalam skala lokal dan global, dan berharap mampu menjadi wadah dan fasilitator yang berkelanjutan dari seluruh Sobat UJAR, serta memberikan sumbangsih nyata lewat berbagai aktifitasnya. Akhir kata, apapun minat, tujuan, ataupun aktifitas sobat semua, kami atas nama keluarga besar UNEJ Mengajar mohon doanya semoga diberi keistiqomahan, kesabaran dan keikhlasan dalam perjalannya melaksanakan tugas mulia ini, bukan saatnya lagi kita kaum muda untuk menyalahkan, mengkritisi, apalagi mengecam keadaan yang tak kunjung selesai, tapi mari bersama kita bergandengan tangan untuk berbagi, mengabdi, turun tangan dan NYALAKAN lilin perubahan, sehingga suatu saat nanti dengan bangganya dalam hati kita semua akan berkata, “syukur Alhamdulillah dulu saya pernah terlibat menjadi bagian dari UNEJ Mengajar, menjadi bagian dari solusi permasalahan pendidikan di Jember”. Semoga setiap keringat yang kita teteskan, energy yang kita keluarkan, materi yang kita sisihkan, dan waktu luang yang kita sempatkan mendapat balasan yang setimpal dariNya, menjadi saksi dan penolong kita semua saat hari perhitungan kelak, Amiin.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Salam Perubahan,
Berhentilah mengutuk kegelapan!!!, mari bersama kita nyalakan lilin perubahan”

Mohammad Abdul Azis
Direktur UNEJ Mengajar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13