SETAPAK MENGGAPAI ASA

             
Kami bersyukur telah diberi kepercayaan untuk mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik disebuah SD di daerah Bintoro sana. Kami bangga telah diberi kepercayaan besar oleh para pengurus di UJAR. Meski kami bukan orang-orang hebat, meski kami hanya para mahasiswa yang sebenarnya juga tengah merintis diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, namun kami terus berusaha memaksimalkan kemampuan kami untuk berbagi.
Perjalanan menuju SD binaan (SD Bintoro V) memang tak bisa dibilang mudah. Kami harus melewati berkilo-kilo meter jalanan rusak yang akan berubah menjadi aliran sungai jika hujan. Kami juga harus berjalan kaki untuk mencapai SD sebab kami tak berani mengambil resiko terpeleset dan jatuh kejurang yang berada disebelah kiri jalan bila menaiki motor. Tak mudah memang. Namun ketika bertemu mereka, anak-anak polos yang sederhana namun penuh potensi, yang dengan keceriaannya menyambut kami dengan hangat. Semua peluh itu seolah terbayarkan.
Terdengar klise mungkin, namun fakta bahwa ternyata disebuah Kota bernama Jember yang banyak memiliki Universitas Negeri yang terbilang bagus masih terdapat SD yang hanya memiliki dua pegawai tetap. Hal ini menjadi tanda tanya besar, bahkan untuk diri kami sendiri.
Saat pertama kali datang Ke SD Bintoro, sejujurnya kami sempat ragu. Apakah kami sanggup jika setiap hari sabtu harus mengalami senam jantung karna harus melewati jalanan yang sulit dilalui terutama saat hujan hanya untuk bertemu adik-adik itu. Apalagi tanpa dibayar sepeserpun. Murni sukarela. Namun kami memantapkan dan meyakinkan diri, bahwa ini tak sekedar tentang “hanya”, tapi ini tentang “demi”. Demi mereka, anak-anak dengan potensi hebat yang butuh untuk diperhatikan.
Semakin lama ketakutan dan  keraguan itu menjadi sebuah kerinduan. Melihat kenyataan bahwa ada potensi dalam diri adik-adik itu untuk menjadi orang-orang besar dan hebat membuat kami selalu ingin kembali bertemu mereka. Kami ingin memberikan apa yang bisa kami berikan untuk mereka. Kami ingin membantu semampu kami agar mereka tumbuh dan berkembang, agar mereka menjadi pribadi yang bebas, dan siap untuk menghadapi dunia yang lebih luas lagi.

Bersama mereka, kami sama-sama belajar. Belajar menjalani tanggung jawab, belajar menghadapi pemasalahan, belajar untuk lebih berani untuk bertahan dan berjuang, dan tak lupa belajar untuk mengargai setiap persahabatan yang terjalin diantara kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI BERKAS OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP MICROTEACHING 1 OPEN RECRUITMENT SOBAT PENGAJAR 13 UKM UNEJ MENGAJAR

Pengumuman Lolos Seleksi Tahap Wawancara Calon Sobat Pengajar 13